Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SD Inpers Desa Huta Padang Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan

Shalihat, Misnah (2017) Upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SD Inpers Desa Huta Padang Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0287.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa SD Inpres Huta Padang, dan apakah upaya tersebut cukup efektif dalam meningkatkan belajar siswa SD Inpres Huta Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa SD Inpres Huta Padang, dan Untuk mengetahui efektifitas upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pembhasan penelitian ini berkaitan dengan guru pendidikan agama Islam yaitu Pengertian guru pendidikan agama Islam, Persyaratan guru pendidikan agama Islam, Tanggung jawab guru pendidikan agama Islam, peran guru pendidikan agama Islam, tugas guru pendidikan agama Islam, macam- macam aktivitas beajar, faktor- faktor keaktifan belajar siswa, upaya guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif artinya menggambarkan keadaan yang ditemui di lokasi penelitian yang terdiri dari fakta- fakta, kejadian dan menggambarkan objek yang diteliti secara sistematis. data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi. Kemudian data- data tersebut dianalisa dengan menggunakan logika dan berfikir ilmiah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III SD Inpres Desa Huta Padang adalah memberikan motivasi kepada siswa dan memberi semangat agar siswa mudah menerima pelajaran yang diberikan guru Pendidikan Agama Islam. Keaktifan belajar siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jika metode yang digunakan guru adalah metode ceramah dan dilanjutkan dengan tanya jawab, dapat membantu siswa semakin giat dalam belajar. Terkadang kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dikarenakan guru belum maksimal dalam pemahaman materi dan belum mampu menggunakan metode yang dilaksanakannya, tetapi guru Pendidik Agama Islam di SD Inpres Desa Huta Padang sudah bisa menguasai bahan materi dan metode yang dilaksanakannya sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Inpres Huta Padang Kecamatan Arse cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guru pendidikan agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:19
Last Modified: 07 Jul 2020 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item View Item