Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam upaya meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTSN 2 Padangsidimpuan

Rangkuti, Hasynida (2017) Penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam upaya meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTSN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, bahwa yang terjadi di lapangan pendidikan masih jauh dari harapan-harapan yang ada. Masih banyak siswa yang berperan sebagai objek pembelajaran, mereka tidak ikut sepenuhnya berperan dalam kegiatan belajar mengajar. Mereka hanya menerima materi pelajaran yang disampaikan guru tanpa mengetahui apakah yang disampaikan guru tersebut benar atau tidak. Seharusnya dalam kegiatan belajar mengajar, siswa terlibat secara maksimal dalam proses kegiatan belajar, keterarahan kegiatan secara logis dan sistematis pada tujuan pembelajaran, dan mengembangkan sikap percaya pada diri siswa tentang apa yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus diadakan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Intrumen penelitian ini adalah test dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan strategi pembelajaran Inkuiri adalah dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Setiap pertemuan terlihat berpikir kritis siswa meningkat yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar siswa serta peningkatan aktifitas siswa saat belajar pada setiap pertemuan. Pada tes kemampuan awal diperoleh nilai persentase ketuntasan siswa 56,09% dengan nilai rata-rata 79,87. Pada siklus I nilai persentase ketuntasan siswa 75,60% dengan nilai rata-rata 83. Selanjutnya terjadi peningkatan pada siklus II, ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari siklus I sebesar 83 menjadi 86,75 atau sekitar 85,36%. Dapat disimpulkan bahwa peneraapan strategi pemebelajaran Inkuiri dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag dan H. Akhiril Akhiril, S.Ag, M.Pd
Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri; Berpikir Kritis
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 06 Jul 2020 08:47
Last Modified: 10 Jul 2020 01:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item View Item