Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika tahfidzul quran juz ‘amma di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Gunung Raya Desa Gunung Baringin Kec. Portibi Kab. Padang Lawas Utara

Harahap, Ainun (2016) Problematika tahfidzul quran juz ‘amma di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Gunung Raya Desa Gunung Baringin Kec. Portibi Kab. Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0280.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih kurang fasih dalam membaca al-Qur’an, karena kalau masih terbata-bata saja dalam membaca al-Qur’an, maka otmatis seorang santri/wati itu akan susah untuk menghafalnya, menganggap remeh terhadap hukuman yang diberikan oleh guru, malas mengulangi hafalan di rumah, kurangnya minat santri/wati dalam menghafal al-Qur’an. Adapun rumusan masalah peelitian ini yaitu apa saja problematika yang dihadapi siswa di madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Gunung Raya Desa Gunung Baringin Kec. Portibi Kab. Padang Lawas Utara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika yang dihadapi santri/wati di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Gunung Raya Desa Gunug Baringin Kec. Portibi Kab. Padang Lawas Utara dalam menghafal al-Qur’an Juz ‘amma, Adapun kegunaan penelitian ini adalah sumbangan pemikiran bagi Guru dan Siswa Aliyah untuk meningkatkan keberhasilan dalam menghafal al-Qur’an juz ‘amma di Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Gunung Raya Desa Gunung Baringin Kec. Portibi Kab. Padang Lawas Utara. Kajian teori dalam penelitian ini adalah pengertian al-Qur’an, sejarah turunnya al-Qur’an, fungsi al-Qur’an, pengertian tahfidz al-Qur’an, hukum tahfidz al-Qur’an, persiapan menghafal al-Qur’an, metode menghafal, keistimewaan hafidz (penghafal), penyebab hilangnya hafalan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan tehknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Kemudian pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya terjadi dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi santri/wati di Madarasah Aliyah Swasta Islamiyah Gunung Raya Desa Gunug Baringin Kec. Portibi Kab. Padang Lawas Utara dalam menghafal al-Qur’an Juz ‘amma meliputi: Kurangnya penguasaan tajwid, makhroj, ayat-ayatnya yang panjang dan terdapat bacaan yang sama dengan surah yang lain.Solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika untuk lebih mudah menghafal al-Qur’an Juz ‘amma yaitu: menasehati serta mengingatkan kepada santri/wati menghafal Juz ‘amma agar dapat di jiwahi, menjadikan hafalan Juz ‘amma itu suatu kebutuhan dan suatu kewajiban untuk menghafalnya, mengkekalkan wuduk, dan menjadikan hafalan Juz ‘amma mejadi ayat dalam shalat. Metode yang digunakan oleh guru dan santri/wati tahfidzul Qur’an yaitu: memberikan motivasi terlebih dahulu kemudian membaca surah yang mau dihafal, belajar tajwid, menghafal per-ayat atau persurah dimulai dengan surang yang paling pendek sampai surah yang panjang, mengulang-ulangi hafalan Juz ‘amma dan memahaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Tahfidzul Quran; Juz 'Amma
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 09 Apr 2020 04:22
Last Modified: 10 Jul 2020 07:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item