Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pada siswa kelas IV SDN 1107 Payabahung Kec.Aek Nabara Barumun Kab. Padang Lawas

Harahap, Hamna (2016) Peningkatan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada pokok bahasan operasi hitung bilangan pada siswa kelas IV SDN 1107 Payabahung Kec.Aek Nabara Barumun Kab. Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung bilangan, di karenakan: Proses pembelajaran Matematika di kelas IV guru masih menggunakan metode ceramah, masih monoton dan kurang variatif dalam proses belajar mengajar, sistem belajarnya tatap muka (face to face)saja, selain itu siswa juga tidak pernah menanyakan pembahasan yang kurang dimengerti, dan soal-soal yang diberikan guru tidak semua siswa mau mengerjakannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan dengan penerapan model pembelajaran CTL meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung bilangan pada siswa kelas IV SDN 1107 Payabahung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IVSD N 1107 Payabahung dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 36 siswa (19 laki-laki dan 17 perempuan), yang beralamat di Padang Garugur Jae.Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleks. Instrumenpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian in i adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran CTL yang dilakukan, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung bilangan di kelas IV SD N 1107 Payabahung. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa adalah sebagai berikut: Padasiklus I pertemuanke-2 hasil rekapitulasi tes matematika siswa masih rendah yaitu rata-rata 61,66 peningkatan ini masih jauh dari apa yang di harapkan sehingga penelitian ini harus dilanjutkan kesiklus II. Padasiklus II pertemuanke-2 ini meningkat dengan nilai rata-rata kelas pada hasil tes matematika siswa pada operasi hitung bilangan menjadi77,5. Dengan artian persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan ke-2 yaitu 55,55%. Pada siklus II pertemuan ke-2 ini meningkat yaitu 86,11%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Contextual Teaching And Learning; Operasi hitung bilangan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:59
Last Modified: 03 Jul 2020 08:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3107

Actions (login required)

View Item View Item