Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk Perbankan Syariah PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga

Siregar, Holijah (2020) Strategi pemasaran produk Perbankan Syariah PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat sibolga tentang produk perbankan syariah PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga, maka peneliti tertarik untuk melihat strategi pemasaran produk perbankan syariah dalam meningkatkan nasabah di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Dimana PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga merupakan suatu lembaga keuangan yang fungsinya sebagai menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali. Akan tetapi dalam pencapaian target pada setiap tahunnya belum memuaskan dari sisi jumlah nasabah. Dalam menghadapi perkembangan perekonomian yang senantiasa berubah, maka bank sumut yang berada dalam tahap awal pertumbuhan Masih memiliki kesempatan untuk melakukan tindakan dalam rangka mewujudkan perbankan syariah yang sehat. Setiap Bank Syariah mempunyai produk yang berbeda-beda yang ditawarkan kepada masyarakat, oleh karena itu perlu adanya strategi pemasaran produk perbankan syariah khususnya PT. Bank Sumut Syariah Cabang Sibolga. Berdasarkan penelitian ini teori yang dilakukan dalam strategi pemasaran yang diterapkan khususnya di PT. Bank Sumut Syariah Cabang Sibolga dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu Strategi produk, harga, promosi, proses, orang, lokasi serta bukti ataupun logo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Adapun subjek penelitian ini adalah karyawan maupun staf di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Teknis pengumpulan data dengan menggunakan teknis wawancara, observasi dengan subjek penelitian dan dokumentasi. Sedangkan teknis data menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti lakukan, strategi yang dilakukan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga adalah dengan menerapkan konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran, pemasaran kemasyarakatan. Serta dengan menerapkan tujuh unsur yang terdapat pada bauran pemasaran atau Marketing Mix. Dengan berbagai macam cara seperti melakukan inovasi gabungan antara produk perbankan yang memberikan peluang bagi nasabah untuk mendapatkan pembiayaan, membuat brosur, bekerjasama dengan developer-developer, melakukan promosi penjualan pribadi (personal selling). Faktor yang mempengaruhi menurunnya jumlah nasabah atau tidak tercapainya target pada setiap tahunnya dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berasal dari lingkungan internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi; Pemasaran; Produk Perbankan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:49
Last Modified: 10 Jul 2020 07:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3088

Actions (login required)

View Item View Item