Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok

Dangoran, Saima Putri (2017) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok dan bagaimana strategi guru dalam mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar Di kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 sejak Mei 2016 sampai selesai. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok, guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis secara deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan siswa dalam mempelajari matematika pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok, ,yaitu kesulitan dalam menggunakan konsep tentang bagian-bagian Bangun Ruang Sisi Datar, menghitung luas permukaan dan volume pada bagian bangun ruang sisi datar, mengetahui jaring-jaring kubus dan balok, serta membedakan seperti apa penjelasan balok dan kubus dalam materi bangun ruang dan bangun datar dan menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan hasil tes yang diberikan guru kepada siswa, terdapat 25 siswa yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) atau kesulitan dalam pelajaran matematika khususnya materi bangun ruang sisi datar. Adapun strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan tersebut adalah mempersiapkan bahan materi termasuk buku, media dan metode, mengulas materi sesuai dengan tujuan pembelajaran, menjelaskan materi dengan menggunakan materi tanya jawab dan menggunakan alat peraga, dan memberikan latihan untuk mengetahui tingkat ketuntasan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi guru; kesulitan belajar; bangun ruang sisi datar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:43
Last Modified: 03 Jul 2020 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3069

Actions (login required)

View Item View Item