Mada, Akhir (2019) Pengaruh gaya kepemimpinan dan mengajar guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1623100162.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan dan mengaja guru yang ditinjau dari sistem pengelolaan kelas, penerapan metode pembelajaran yang tepat sehingga kurangnya perhatian siswa terhadap stimulus belajar yang mengakibatkan kebosanan, kekosongan perhatian,bahkan penolakan keterlibatan diri dalam suatu hal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh gaya kepemimpinan dan mengajar guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis kuantitatif, yakni dilakukan untuk meneliti suatu peristiwa yang telah terjadi dan kemudian mengamati kebelakang tentang faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kajian dari ketiga variabel tersebut serta pengaruh antara masing-masing variabel. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X berjumlah 184 orang. Sampel yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik cluster sampling, jadi sampel yang diambil sebanyak 65orang. Instrument yang digunakan sebagai pengumpulan data angket gaya kepemimpinan guru dan gaya mengajar guru berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal tiap dari variabel yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan menggunakan rumus korelasi ganda dan regresi ganda, dilanjuti dengan uji signifikan antar faktor yang menggunakan rumus F untuk melihat sejauh mana pengaruh antar masing-masing variabel tersebut sebagai berikut : Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh rhitung>rtabel atau 0,278>0,201 ada hubungan berarti rendah. Kemudian dilaksanakan uji F dengan hasil Fhitung>Ftabel atau 5,25 <3,99 berarti Ho berarti siginifikan artinya bahwa ada pengaruh yang siginfiknan antara Kepemimpina guru dan prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui koefisien determinan(KD) 7,7 %, untuk regresinya diperoleh persamaan Y ̌=45,36-0,16X 2 Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh rhitung>rtabel atau 0,289>0,201 ada hubungan yang rendah rendah. Kemudian dilaksanakan uji F dengan hasil Fhitung>Ftabel atau 0,289 <3,99 berarti Ho berarti “signifikan” artinya bahwa ada pengaruh yang siginfiknan antara gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Untuk KD sebesar 8,35 % dan sisanya oleh variable lain. Dan adapun untuk regresinya diperoleh persamaan Y ̌=3,35.+ 0,9X Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh rhitung>rtabel atau 0,687 terdapat hubungan yang sedang . Kemudian dilaksanakan uji F dengan hasil Fhitung>Ftabel atau 4,72 <3,99 berarti Ho ditolak berarti siginifikan artinya bahwa ada pengaruh yang siginfiknan antara Kepemimpinan guru dan prestasi belajar siswa terhadap prestasi siswa. Untuk KD diperoleh sebesar 2,2 % dan untuk regresi gandanya yaitu Y ̌=58.81+0,54X1+2,21X2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Gaya kepemimpinan; mengajar; prestasi; PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 08:48 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 08:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3031 |
Actions (login required)
View Item |