Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan persepsi siswa terhadap kemampuan komunikasi dan kepribadian guru dengan karakter siswa di MTs Swasta Bahriyatul Ulum Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah

Luthfi, Luthfi (2018) Hubungan persepsi siswa terhadap kemampuan komunikasi dan kepribadian guru dengan karakter siswa di MTs Swasta Bahriyatul Ulum Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1623100154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Persepsi seseorang terhadap stimulus yang datang dapat mempengaruhi tingkah lakunya. Guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan dan identifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu. Dalam komunikasi pembelajaran, tatap muka seorang guru mempunyai peran yang sangat penting dalam kelas yaitu peran mengoptimalkan kegiatan belajar. Adapun identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah interaksi guru dan siswa yang ekstrim, keteladanan dari guru belum terlihat, proses belajar mengajar belum tertib, motivasi belajar siswa masih kurang, karakter siswa masih memprihatinkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan persepsi siswa terhadap kemampuan komunikasi dan kepribadian guru dengan karakter siswa di MTs Swasta Bahriyatul Ulum Pandan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dimana pengumpulan data berbentuk angka-angka dan hasil penelitian dianalisa menggunakan perhitungan statistik. Desain penelitian menggunakan penelitian ex post facto. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif/ hubungan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi penelitian adalah semua siswa berjumlah 324 orang. Sampel yang diambil dari populasi dengan metode Slovin sebanyak 180 orang tiap tingkatan kelas diambil 60 orang sampel dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner sebanyak 30 butir tiap variabel. Kuisioner tersebut telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan menggunakan rumus product momen dan korelasi ganda untuk melihat sejauh mana hubungan antar masing-masing variabel tersebut. Berdasarkan dari hasil perhitungan product momen X1 terhadap Y diperoleh rhitung= 0,29 > rtabel = 0,14 berada pada taraf 0,20-0,399 yang berarti korelasi rendah. Untuk perhitungan Untuk thitung = 4,07 > ttabel = 1,97. Dengan demikian, ada hubungan signifikan antara X-1 dengan Y di MTs Swasta Bahriyatul Ulum Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah dengan memberikan kontribusi sebesar 8,41%. Berdasarkan dari hasil perhitungan product momen X2 terhadap Y diperoleh rhitung= 0,23 > rtabel = 0,14 berada pada taraf 0,20-0,399 yang berarti korelasi rendah. Untuk thitung = 3,14 > ttabel = 1,97. Dengan demikian, ada hubungan signifikan antara X-2 dengan Y di MTs Swasta Bahriyatul Ulum Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah dengan memberikan kontribusi sebesar 5,29%. Berdasarkan dari hasil perhitungan kolerasi ganda X1, X2 terhadap Y diperoleh rhitung= 0,33 > rtabel = 0,14 berada pada taraf 0,20-0,399 yang berarti korelasi rendah. Untuk Fhitung = 10,96 dan Ftabel = 3,05 sehingga Fhitung > Ftabel. Dengan demikian, ada hubungan signifikan antara X-1 dan X-2 dengan Y di MTs Swasta Bahriyatul Ulum Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 11,02%.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Komunikasi dan kepribadian guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:57
Last Modified: 02 Jul 2020 04:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item