Hasibuan, Mhd. Suhendra (2019) Proses pembelajaran matematika di kelas VII SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520200081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah sarana prasarana yang masih kurang memadai, kurangnya sinkronisasi antara pemahaman siswa dengan materi yang ada dan siswa juga kurang memahami pelajaran matematika yang dijelaskan oleh guru dan siswa juga terlihat masih kurang aktif pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika dalam proses pembelajaran di kelas VII SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan tentang keadaan dan kondisi sebenarnya yang ada dilapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran Matematika dilakukan oleh guru Matematika dengan cara membuat dan mempersiapkan perangkat pembelajaran di awal tahun ajaran baru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru Matematika meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), program tahunan (prota), dan program semester (prosem). Sehingga, dapat dikatakan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika sudah baik. Pelaksanaan pembelajaran Matematika dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu, kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika belum berjalan dengan baik karena guru tidak memperhatikan langkah-langkah yang ada pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selain itu, metode yang digunakan pada saat pembelajaran berbeda dengan metode yang ada pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sehingga, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika masih kurang dan belum terlaksana dengan baik. Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru Matematika dengan cara memberikan penilaian terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa pada saat pembelajaran. Selain itu, guru juga memberikan tugas ataupun soal berbentuk pilihan ganda dan isian disetiap akhir kegiatan pembelajaran untuk melihat seberapa jauh pemahaman siswa. Pengevaluasian juga dilakukan dengan cara mengadakan penilaian tengah semester (PTS) yang diadakan dalam waktu satu kali dalam tiga bulan dimana soalnya berjumlah 20 soal, 15 pilihan ganda, dan 5 isian. Selanjutnya, Penilaian akhir semester (PAS) yang diadakan disetiap akhir semester dimana soalnya berjumlah 25 soal, pilihan ganda 15 soal, isian 5 soal, dan uraian 5 soal. Sehingga, dapat dikatakan bahwa evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika sudah terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Proses Pembelajaran; Guru Matematika. |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 07:57 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 07:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2933 |
Actions (login required)
View Item |