Annisa, Mitra (2019) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan perilaku Islami siswa SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupatentapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kenakalan-kenalakan dikalangan pelajar yang semakin mengkhawatirkan, seperti tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, kurangnya kedisiplinan, pengaruh negatif dari tayangan televisi yang dapat menurunkan moral peserta didik. Hal ini disebabkan dari faktor lingkungan, baik dari lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah. Dari permasalah tersebut para guru khusunya guru PAI memiliki tugas dan peran dalam menanamkan perilaku Islami siswa. Yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dalam menanamkan perilaku Islami siswa di SMA Negeri 1 Batang Angkola, apa kendala yang dihadapi guru PAI dalam menanamkan perilaku Islami siswa, upaya apa yang dilakukan guru PAI dalam menanamkan perilaku Islami siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam menanamkan perilaku siswa di SMA Negeri 1 Batang Angkola, kendala yang dihadapi guru PAI dalam menanamkan perilaku Islami siswa dan upaya yang dilakukan guru PAI dalam menanamkan perilaku Islami. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatf deskriptif dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa sumber data primer yaitu guru PAI dan yang menjadi sumber data skunder Kepala Sekolah dan siswa. Sedangkan instrumen pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah bahwa peran guru PAI dalam menanamkan perilaku Islami siswa dengan memberikan bimbingan dan arahan-arahan yang baik kepada siswa, menjadikan dirinya sebagai tauladan yang baik agar siswa memperoleh feedback yang baik dalam kehidupan sehari-hari, memberikan contoh nyata baik pada saat belajar maupun diluar pembelajaran, serta memfungsikan dirinya sebagai penasehat bagi anak karena fungsi utama guru PAI tidak hanya sekedar mentransfer ilmu akan tetapi mengupayakan agar siswa tersebut memiliki moral, berakhlak mulia, dan mempunyai keimanan.Kendala yang dihadapi berupa kendala internal dan eksternal. Upaya yang dilakukan guru PAI SMA Negeri 1 Batang Angkola dengan membiasakan siswa memiliki Pribadi Simpatik (senyum, salam, sapa, sopan, santun), kemudian mengadakan kegiatan pendukung lain seperti ektrakurikuler seni baca Qur’an, syarhil Qur’an, Mabid, Pesantren kilat dan didukung kembali dengan adanya fasilitas mushallah yang digunakan untuk melakukan kajia-kajian Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M. A dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Peran Guru PAI; Perilaku Islami |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 01:14 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 02:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2836 |
Actions (login required)
View Item |