Marhamah, Yusroh (2018) Perbedaan hasil belajar matematika pada materi operasi perkalian bilangan cacah dengan menggunakan perkalian bersusun dan media batang napier di kelas III SDN 364 Panggautan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14. 202 00030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam bidang matematika adalah guru cenderung monoton dalam menguasai kelas sehingga peserta didik kurang leluasa dalam menyampaikan idenya. Siswa mempunyai rasa takut pada guru untuk bertanya apabila kurang mengerti. Akibatnya hasil belajar matematika kurang optimal serta suasana belajar di kelas yang sebenarnya menyenangkan hampir tidak tercipta. Menggunakan media pembelajaran batang napier ini ketika melaksanakan pembelajaran disamping menciptakan kenyamanan dalam belajar juga dapat memberikan semangatdanmotivasi serta menciptakan situasi kelas yang menyenangkan. Mediajuga dapat melatih siswa aktif dan mudah menyelesaikan perkalian yang rumit, meningkatkan konsentrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penggunaan perkalian bersusun dan menggunakan media batang napier terhadap hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan operasi perkalian bilangan cacah di kelas III SD N 364 Panggautan.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekuivalen (untreated control group design with pretest and postest). Sampel penelitian ini yakni kelas III-A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas III-B dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) yang berjumlah 6 soal materi perkalian. Data yang terdapat dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 9,555> ttabel = 2,021 , sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Penelitian ini menyimpulkan terdapat perbedaan perkalian bersusun dengan menggunakan media batang napier pada pokok bahasa operasi perkalian bilangan cacah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Batang Napier; Hasil Belajar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 11:23 |
Last Modified: | 08 Apr 2020 13:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/27 |
Actions (login required)
View Item |