Bulan, Sri (2016) Implementasi pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SLB Negeri Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0237.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunarungu di SLB Negeri Mandailing Natal”. Adapun yang melatar belakangai penelitian ini adalah bahwa Pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu hampir sama dengan pendidikan agama Islam untuk anak normal. Dalam proses pendidikan tersebut tentu sesuai tujuan, materi, metode dan evaluasi untuk pelaksanaan PAI pada siswa tunarungu. Guru di SLB Negeri Mandailing Natal ini tamatan dari jurusan PAI maka akan sulitlah bagi guru untuk menangani siswa tunarungu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi PAI pada siswa tunarungu yang berkaitan dengan komponen tujuan, karakteristik guru PAI, metode, materi, dan evaluasi yang ada di SLB Mandailing Natal. Dan kegunaan penelitian ini untuk menjadikan siswa tunarungu berakhlak baik dalam kehidupan sehari-hari dan memperluas wawasan guru dalam memahami siswa tunarungu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah terdiri dari observasi implementasi PAI pada siswa tunarungu di SLB Negeri Mandailing Natal, wawancara secara langsung dengan guru PAI, Kepala sekolah, wali kelas tunarungu dan orang tua siswa yang dianggap mampu memberikan keterangan serta masukan yang sesuai dengan data yang peneliti butuhkan. Dalam penelitian ini didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis deskripsikan. Selanjutnya, peneliti menganalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SLB Negeri Mandailing Natal telah berjalan dengan lancar. Tujuan pembelajaran PAI sesuai dengan tujuan PAI SDLB, gurunya memiliki sifat sabar, tanggung jawab dan penyanyang. Materi dan metode seseuai dalam pelaksanaan PAI dan evaluasi yang dilakukan guru ada secara tertulis, non tertulis dan perilaku sesuai dengan materi PAI. Dari sini dapat dipahami bahwa implementasi pendidikan agama Islam di SLB Negeri Mandailing Natal sudah menerapkan komponen-komponen pendidikan dengan baik yang disesuaikan dengan kemampuan siswa tunarungu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan agama Islam; SLB |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 08 Apr 2020 01:24 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 00:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/269 |
Actions (login required)
View Item |