Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Study analisis mahasiswa Islam Patani (Thailand) terhadap kualitas pembelajaran di IAIN Padangsidimpuan

Mamu, Miss Nurhuda (2019) Study analisis mahasiswa Islam Patani (Thailand) terhadap kualitas pembelajaran di IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pada tahun 2014 adalah tahun pertama mahasiswa Patani masuk kuliah di IAIN Padangsidimpuan sehingga sampai sekarang masih ada penerusnya. IAIN Padangsidimpuan didirikan untuk membentuk sarjana Agama Islam yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia, cakap, dan tampil dalam kajian-kajian keislaman serta mempunyai tanggungjawab yang tinggi bagi keselamatan umat, bangsa, dan negara republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang- undang Dasar 1945. Jika disebut sesuatu lembaga pendidikan harus memiliki kualitas. Kualitas adalah kadar, mutu, tingkat baik buruknya sesuatu. Sedangkan Pembelajaran merupakan proses yang berfungsi membimbing para peserta didik didalam kehidupannya, yakni membimbing dan mengembangkan diri sesuai dengan tugas perkembangan yang dijalani. Berdasarkan Uraian diatas maka rumusan pada penelitian ini adalah bagaimanakah pandangan mahasiswa Islam Patani (Thailand) terhadap kualitas pembelaran di IAIN Padangsidimpuan?. Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pandangan mahasiswa Islam Patani (Thailand) terhadap kualitas Pembelajaran di IAIN Padangsidimpuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah dan dalam mengumpulkan informasi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu observasi langsung wawancara dan dari dokumen terkait dengan apa yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah Pada karekteristik mahasiswa di jurusan Pendidkan Agama Islam sudah meningkat dan lebih meningkatnya baik dari internal dan eksternal sepertinya berpakaian rapi sesuai dengan ajaran Islam, akhlak mulia, sopan santun, sapaan dan sebagainya. Dan dalam proses pembelajaran bagi dosen rata- rata itu baik dan melaksanakan sesuai dengan perancanaannya, dalam pelaksanaan itu menggunakan dengan beberapa metode, menggunakan media, materinya sesuai dengan ruang lingkup pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat lebih memahaminya. Dan pada evaluasi pembelajaran terbagi kepada 5 yaitu sikap, tugas mandiri, tugas terstrukutur, ujian tengah sementer dan ujian akhir semester. Kendala dan penghambat yang masih dijumpai dalam proses pembelajaran di IAIN Padangsidimpuan itu terutama media atau alat teknologi seperti projekter, infokus, computer belum memiliki secukupnya sehingga apabila melaksanakan dalam proses pembelajaran itu tidak seekfektif yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Kualitas Pembelajaran; Mahasiswa Islam Patani
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 24 Jun 2020 04:53
Last Modified: 13 Jul 2020 08:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item