Hasibuan, Samaroh (2019) Pelaksanaan Tahfizhul Quran pada Apel Pagi dalam Peningkatan Hafalan Alquran Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Nur Ibrahimy Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15201000444.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pelaksanaan tahfizhul Quran yang dilakukan guru/pembimbing tahfizh kepada siswa dalam memghafal juz 30 sebagian menerapkan ilmu tajwid dan makhrajul huruf sebagian yang lain tidak menggunakannya sehingga pelaksanaan dari pembimbing tahfizh berbeda-beda dan penetapan pembimbing yang masih kurang tepat sesuai dengan keahlian masing-masing. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan tahfizhul Quran pada apel pagi, upaya yang dilakukan dalam peningkatan hafalan Alquran siswa serta kendala dalam peningkatan hafalan Alquran siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Nur Ibrahimy Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan medote deskriptif. Informan penelitian ini adalah siswa-siswi dan guru/pembimbing tahfizh Madrasah Tsanawiyah Swasta Nur Ibrahimy. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan tahfizhul Quran merupakan program tambahan serta nilai kelulusan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Swasta Nur Ibrahimy. Pelaksanaan tahfizhul Quran yang menjadi salah satu bentuk kesadaran demi terciptanya generasi hafidz-hafidzah yang mampu menghafalkan 1 juz dan dapat meningkatkan hafalan Alquran siswa-siswi serta program tahfizhul Quran dapat mengikutsertakan siswa-siswi Madrasah pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Pelaksanaan tahfizhul Quran pada apel pagi selama 20 menit setiap hari Selasa dan Rabu dilapangan Madrasah yang dibimbing oleh guru yang masuk pada jam pertama pembelajaran berjalan dengan baik. Materi hafalan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu Juz 30 dan menggunakan metode tasmi’/sima’i, bin- nazar/waddah. Upaya yang dilakukan yaitu membuat beberapa perlombaan tahfizhul Quran, pemberian hadiah, tambahan waktu pada ekstrakurikuler. Kendalanya adalah kesadaran dalam menghafal yang menganggap hal tersebut hanya sebatas hafalan, rasa malas, terlalu disibukkan dengan pekerjaan serta pembimbing yang tidak sesuai kompetensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pelaksanaan Tahfizhul Quran; Peningkatan Hafalan Alquran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 08 Apr 2020 10:39 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 13:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/264 |
Actions (login required)
View Item |