Khairani, Putri (2019) Penerapan metode bervariasi pada materi pokok ibadah haji dan umroh dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kabupaten Tapanuli Selatan yang masih rendah dikarenakan penggunan metode dalam pembelajaran yang belum sesuai. Salah satu upaya yang harus dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan metode yang sesuai dengan materi pelajaran yang hendak diajarkan, seperti pada materi ibadah haji dan umroh guru menerapkan metode bervariasi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah mengggunakan metode bervariasi pada materi pokok ibadah haji dan umroh di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kabupaten Tapanuli Selatan. Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah mengggunakan metode bervariasi pada materi pokok ibadah haji dan umroh di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kabupaten Tapanuli Selatan Untuk mengetahui hasil penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen pengumpulan data yang diguanakan adalan observasi, tes dan tindakan dan angket. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu data yang diperoleh untuk dikumpulkan langsung di lapangan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan metode bervariasi pada materi pokok ibadah haji dan umroh dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mulanya dapat dinilai dengan kurang. Namun dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan motivasi belajar siswa semakin meningkat pada meteri pokok ibadah haji dan umroh. Hal ini dapat dinyatakan adanya peningkatan motivasi siswa pada materi pokok ibadah haji dan umroh dapat dilihat berdasarkan hasil angket motivasi belajar belajar siswa. Kondisi awal motivasi belajar siswa adalah 49,65. Pada Siklus I (Pertemuan I) meningkat menjadi 58,65, sedangkan pada Siklus I (Pertemuan II) mencapai 70,39. Pada Siklus II (Pertemuan I) motivasi belajar siswa meningkat menjadi 75,17, dan pada Siklus II (Pertemuan II) mencapai nilai 85,41. Dengan demikian terjadi peningkatan motivasi belajar pada setiap siklus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Bervariasi; Motivasi Belajar; Ibadah Haji; Umroh |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 03:01 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 03:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2622 |
Actions (login required)
View Item |