Aminah, Sangkot (2019) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui Team Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP Negeri 5 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan hasil belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal bilangan pecahan, bahwa dilihat dari hasil ketuntasan nilai matematika siswa kelas VII-3 belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75, selama proses pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru lebih sering dengan model pembelajan mandiri, sehinga perlu perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dan penerapan pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP Negeri 5 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Dengan subjek penelitian kelas VII-3 yang berjumlah 28 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian pada observasi telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II yang diktegorikan “Baik”, dan berdasarkan hasil penelitian pada tes pra siklus yang diperoleh mencapai17,85 % yang mencapai 28,57 % di siklus I pertemuan I dan pada pertemuan II terjadi peningkatan mencapai 38,28%, pada siklus II pertemuan I peningkatan siswa mencapai 53,57 % dan pertemuan II semakin meningkat mencapai 78,57 %. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan kelas VII-3 SMP Negeri 5 Panyabungan Kabupaten mandailing Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Team Games Tournament (TGT); Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 08:57 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 08:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2595 |
Actions (login required)
View Item |