Siregar, Annisa (2019) Deskripsi hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs.S) Ruhul Islam Sialambue Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 202 00024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang deskripsi hasil belajar siswa yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi perbandingan. Hal ini disebabkan karena kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalam bentuk cerita. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana deskripsi hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTs.S Ruhul Islam Sialambue Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas berdasarkan ranah sikap? Bagaimana deskripsi hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTs.S Ruhul Islam Sialambue Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas berdasarkan ranah pengetahuan? Bagaimana deskripsi hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTs.S Ruhul Islam Sialambue Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas berdasarkan ranah keterampilan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa pada materi perbandingan dikelas VII MTs.S Ruhul Islam Sialambue Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas berdasarkan ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan diperoleh dari informan utama dan skunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah editing data, identifikasi dan kategori data, reduksi data, mendeskripsikan dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan waktu dan triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Deskripsi hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTs.S Ruhul Islam Sialambue Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas berdasarkan ranah sikap bahwa siswa dalam menerima materi pelajaran sangat antusias Hal ini dibuktikan bahwa siswa mampu menjawab soal yang diberikan guru. 2. Deskripsi hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTs.S Ruhul Islam Sialambue Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas berdasarkan ranah pengetahuan ditemukan siswa kurang mengingat dan memahami materi pelajaran. Hal ini dibuktikan siswa tidak mampu menjawab soal dalam bentuk pengetahuan, dimana hasil belajar siswa belum mencapai rata-rata yang telah ditetapkan. 3. Deskripsi hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTs.S Ruhul Islam Sialambue Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas berdasarkan ranah keterampilan bahwa kesiapan siswa dalam belajar kurang efisien. Hal ini dibuktikan siswa terlambat masuk ke dalam kelas, dan kondisi fisik siswa dalam keadaan sakit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penelitian kualitatif; metode deskriptif; hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 04:58 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 04:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2574 |
Actions (login required)
View Item |