Hasibuan, Nopita Sari (2019) Pengaruh keterampilan menjelaskan pelajaran terhadap sikap belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Langgapayung Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 202 00017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan peneliti yaitu tentang pengaruh keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran peneliti menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran berbeda-beda, ada yang berpendapat baik ada pula yang berpendapat tidak baik. Hal ini berdasarkan keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran yang dilihat dari segi analisis dan perencanaan dan penyajian suatu penjelasan. Menurut beberapa siswa ketika guru menyampaikan materi, guru tersebut menjelaskan dengan menggunakan bahasa yang sulit dipahami, memberikan contoh yang tidak sesuai dengan contoh yang diajarkan, sehingga berakibat terhadap sikap belajar Matematika siswa. Dimana siswa lebih cendrung bermalasmalasan dan kurang tertarik untuk mempelajari pelajaran Matematika Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran pada siswa kelas VIII M. Ts Darul Falah Langgapayun? Bagaimanakah sikap belajar Matematika siswa kelas VIII M. Ts Darul Falah Langgapayung? dan Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan menjelaskan terhadap sikap belajar Matematika pada siswa kelas VIII M. Ts Darul Falah Langgapayung?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan dalam menjelasakan pelajaran pada siswa kelas VIII M. Ts Darul Falah Langgapayung, untuk mengetahui sikap belajar Matematika siswa kelas VIII M. Ts Darul Falah Langgapayung, untuk mengetahui terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan menjelaskan terhadap sikap belajar Matematika pada siswa kelas VIII M. Ts Darul Falah Langgapayung. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto, dengan jumlah populasi sebanyak 55 dan sampel sebanyak 35. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif, korelasi product moment, koefisien determinasi, dan regresi linear sederhana. Dari hasil perhitungan menunjukkan skor a = 20,18, skor b = 0,614, sehingga: ̂ . Hal ini menunjukkan bahwa variabel Y dapat diramalkan dengan persamaan ̂ . Jika variabel X berskor 1 maka skor ̂ sebesar 20,18. Setelah dilakukan perhitungan pada lampiran untuk melihat pengaruh variabel X terhadap variabel Y diperoleh sebesar 5,631. Setelah diperoleh kemudian dikonsultasikan ke ttabel sebesar 1,692. Dengan demikian diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,631 > 1,692. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y, yang menunjukkan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan menjelaskan pelajaran terhadap sikap belajar Matematika siswa kelas VIII M. Ts Darul Falah Langgapayung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | keterampilan menjelaskan; sikap belajar matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 04:42 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 04:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
View Item |