Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Program pembelajaran bahasa asing dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muhammadiyah Sipirok

Gustian, Irfan (2019) Program pembelajaran bahasa asing dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muhammadiyah Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya masalah yang menghambat peningkatan kualitas pendidikan agama Islam yaitu banyaknya penggunaan istilah berbahasa asing pada materi pendidikan Islam, sehingga guru dan siswa dituntut untuk mampu berbahasa asing, Tuntutan itu meningkat, seiring dengan kemajuan peradaban manusia di bidang IPTEK, dengan menguasai bahasa asing mereka akan lebih leluasa menjalin komunikasi dengan orang Asing sehingga terjalin komunikasi yang baik serta membawa manfaat Rumusan Masalah penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan program pembelajaran bahasa asing. Bagaimana kualitas Pendidikan Agama Islam Apakah program pembelajaran bahasa Asing berperan dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Sipirok. Sedangkan tujuannya untuk menggambarkan pelaksanaan program pembelajaran bahasa asing, menggambarkan kualitas Pendidikan Agama Islam serta mengetahui peranan program pembelajaran bahasa Asing dalam meningkatkan kualiatas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Sipirok Metodologi yang digunakan adalah metodologi penelitian kualitatif, proses penelitian dilaksanakan dengan cara mengumpulkan data berulangulang ke lokasi penelitian melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembalajaran bahasa Asing dilaksanakan berdasarkan peraturan yang ada. Pembelajaran Qowaid, Hiwar, Grammar, dan Conversation dilaksanakan pada saat jam efektif berlangsung Ta’lim Al-Lughoh dilaksanakan sehabis Ashar pada hari senin dan Kamis, Muhadatsah dilaksanakan setelah shalat subuh, Muhadharoh dilaksanakan setelah pelaksanaan shalat Jumat dan malam minggu setelah shalat Isya, Madrasah sangat serius menjadikan pendidikan yang berkualitas dengan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dengan lulusan sekolah lain yang sederajat, mampu menjadi teladan yang baik bagi masyarakat, mampu berfikir aktif, kreatif serta mampu menghapal 2 juz al-Quran dan 40 buah hadist, Program pembelajaran bahasa Asing berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah, dengan Program pembelajaran Ta’limul Lughoh, Muhadatsah, dan Muhadharoh para santri lebih mudah memahami mata pelajaran pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Program pembelajaran; bahasa asing; kualitas pendidikan agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:53
Last Modified: 23 Jun 2020 04:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item