Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektifitas pembelajaran micro teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan

Rambe, Rosmila (2019) Efektifitas pembelajaran micro teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa yang melaksanakan praktek micro teaching belum maksimal karena belum menerapkan komponen-komponen yang harus dicapai dalam mengajar. Hal itu dapat dilihat dari hasil pengamatan peneliti. Contohnya yaitu masih banyak mahasiswa yang belum siap dalam menjelaskan, baik dari segi materi, penguasaan diri, maupun kemampuannya untuk mengelola kelas. Dengan adanya mata kuliah micro teaching, mahasiswa diharapkan mampu menguasai beberapa keterampilan mengajar, karena dalam pembelajaran micro teaching calon guru akan dilatih untuk mempraktikkan dari setiap komponen atau keterampilan mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran micro teaching terhadap keterampilan mengajar Mahasiswa Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika angkatan 2016 IAIN Padangsidimpuan yang terdiri dari 3 lokal dengan jumlah 98 mahasiswa. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika angkatan 2016 IAIN Padangsidimpuan yang mengikuti mata kuliah micro teaching dengan jumlah sebanyak 98 orang. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket tentang pembelajaran micro teaching dan keterampilan mengajar mahasiswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t. Rumus ini digunakan untuk mencari efektifitas variabel X terhadap Y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran micro teaching terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t menunjukkan maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektifitas pembelajaran micro teaching terhadap keterampilan mengajar Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan dengan kategori sangat efektif berdasarkan tingkat pencapaian sebesar 87,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Micro teaching; Keterampilan mengajar; Mahasiswa Program Studi Tadris/Pendidikan Matematika angkatan 2016; Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:16
Last Modified: 23 Jun 2020 02:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item