Putriani, Eka (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi segi empat di kelas VII-2 SMP Negeri 6 Sipirok Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 202 00040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas serta hasil belajar matematika siswa khususnya pada pokok bahasan segi empat. Di antara penyebabnya adalah keterlibatan siswa di dalam proses belajar mengajar matekatika masih kurang. Pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang efektif, model yang digunakan dalam belajar matematika kurang bervariasi. Siswa enggan mengeluarkan pendapat ketika diberi waktu dan siswa cepat merasa bosan ketika diberi soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di kelas VII-2 SMP Negeri 6 Sipirok Tapanuli Selatan pada proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada materi segi empat. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VII-2 SMP Negeri 6 Sipirok Tapanuli Selatan yang terdiri dari 22 orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scrambledapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi segi empat.Hal ini dibuktikan pada setiap siklus tindakan. Pada siklus I pertemuan 1 jumlah siswa yang kategori aktivitasnya dengan persentase rata-rata 33,63%, pada siklus I pertemuan 2 meningkat dengan persentase rata-rata 48,17%. Kemudian dilanjutkan lagi dengan siklus II pertemuan 1 menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dengan persentase rata-rata 73,63%, kemudian pada pertemuan 2 meningkat dengan persentase 89,99%. Sementara itu, peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari data hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai dengan siklus II. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar yaitu 13 orang dengan persentase 59,09%. Sementara pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas belajar yaitu 19 orang dengan persentase 86,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII- 2 SMP Negeri 6 Sipirok Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Scramble; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Segi empat |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 03:02 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 03:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2535 |
Actions (login required)
View Item |