Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian kompor gas merek rinnai (studi kasus masyarakat Kelurahan Wek I Kecamatan Padangsidimpuan Utara)

Siregar, Ibrahim (2018) Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian kompor gas merek rinnai (studi kasus masyarakat Kelurahan Wek I Kecamatan Padangsidimpuan Utara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 230 0103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masyarakat yang tidak terlalu mengenal produk, sehingga tidak mengerti kesesuaian kualitas dengan harga kompor gas terhadap keputusan pembelian kompor gas merek Rinnai Masyarakat Kelurahan Wek I Kecamatan Padangsidimpuan Utara yang ditandai dengan semakin meningkatnya masyarakat untuk menggunakan kompor gas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kompor gas merek Rinnai Masyarakat Kelurahan Wek I Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kompor gas merek Rinnai Masyarakat Kelurahan Wek I Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas produk, harga, dan promosi dan keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan regresi linear berganda. Pengambilan sampel secara acak berstrata (stratified random sampling), dengan jumlah populasi 1112 dan sampel 92 orang. Kemudian pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan proram SPSS versi 23. Berdasarkan deskriptip statistik, uji normalitas, uji linearitas, autokorelasi, dan analisis regresi linear berganda, dengan uji simultan (f) dan uji parsial (t) kemudian koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 11,997 > 1,662, untuk harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan thitung > ttabel yaitu sebesar 8,617 > 1,662, sedangkan untuk promosi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan thitung < ttabel yaitu sebesar 1,065 < 1,662. Sedangkan secara simultan variabel kualitas produk, harga, dan promosi sama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan hasil perhitungan yaitu sebesar 316,176 > 2,71. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga, dan promosi memberi kontribusi sebesar 91,2% terhadap variabel keputusan pembelian, selain itu sisanya 8,8% dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kualitas produk; harga; promosi; keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 22 Jun 2020 06:13
Last Modified: 22 Jun 2020 06:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2504

Actions (login required)

View Item View Item