Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kualitas pelayanan jasa kesehatan pada puskesmas Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal.

Ani, Fitri (2018) Analisis kualitas pelayanan jasa kesehatan pada puskesmas Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
132300100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskemas bersifat ekonomis. seringkali petugas Puskesmas tidak memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Rumusan masalah bagaimana kualitas pelayanan jasa kesehatan pada Puskesmas Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal? dan apa saja yang perlu dilakukan sebagai perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa kesehatan pada Puskesmas Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal?. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan jasa kesehatan pada Puskesmas Hutabargot dan untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan sebagai perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa kesehatan pada Puskesmas Hutabargot. Kegunaan penelitian diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman serta berguna di masa yang akan datang, diharapkan bisa menjadi referensi untuk kebijakan-kebijakan puskesmas dan diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi peneliti selanjutnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan kualitas pelayanan jasa kesehatan pada puskesmas. Pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas pelayanan jasa kesehatan dan puskesmas. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 84 pasien dan 59 pegawai puskesmas. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskriptif. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data da penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan. Kualitas pelayanan jasa kesehatan di Puskesmas Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal sesuai dengan standar pelayanan kesehatan. Puskesmas Hutabargot memiliki sarana dan prasana yang baik, Puskesmas Hutabargot memiliki pelayanan kesehatan lanjutan dan rujukan, para pegawai melayani pasien dengan ramah dan sopan, dan biaya berobat di Puskesmas Hutabargot relatif murah dan terjangkau masyarakat. Perbaikan kualitas pelayanan jasa kesehatan yang dilakukan Puskesmas Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal adalah menyediakan kotak saran untuk menerima saran dan keluhan dari pasien, membudayakan lingkungan bersih, merenovasi ruangan puskesmas, melengkapi peralatan medis, membuat program penyuluhan kesehatan, penyuluhan kesehatan di sekolah, pelatihan pegawai tentang pelayanan kesehatan yang maksimal dan prima, pegawai wajib hadir setiap hari sesuai waktu kerja, memfasilitasi puskesmas dengan mobil ambulans. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan dan Puskesmas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pelayanan; Kesehatan; Puskemas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:20
Last Modified: 29 Jun 2020 02:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2448

Actions (login required)

View Item View Item