Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih pada PT. Kimia Farma Indonesia, Tbk

Hasibuan, Eka Prasiska (2016) Pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih pada PT. Kimia Farma Indonesia, Tbk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan pencapaian laba sebuah perusahaan sering tergantung pada kemampuan penjualan, kegiatan operasional, keuangan, akuntansi, dan fungsi bisnis lainnya sesungguhnya tidak berarti kalau tidak ada permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba. Permasalahan dalam penelitian ini adalah dimana volume penjualan meningkat tetapi laba bersih menurun. Rumusan masalah apakah terdapat pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih pada PT. Kimia Farma Indonesia, Tbk. tahun 2007-2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih pada PT. Kimia Farma Indonesia, Tbk. tahun 2007-2014. Kegunaan penelitian ini yaitu bagi perusahaan, bagi peneliti dan bagi peneliti selanjutnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori yang menjelaskan tentang volume penjualan dan teori tentang laba bersih. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (volume penjualan) dan variabel terikat (laba bersih). Data diambil dari laporan keuangan PT. Kimia Farma Indonesia, Tbk. tahun 2007-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 96 bulan dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 triwulan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif dan pengujian hipotesis (regresi linear sederhana) digunakan untuk menguji pengaruh volume penjualan terhadap laba bersih. Analisis regresi dalam penelitian ini menggunakan SPSS Versi 22.00 bahwa pada penelitian terlihat hubungan (korelasi) antara variabel volume penjualan terhadap laba bersih. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) juga menunjukkan bahwa dengan nilai R = 0,982 dan R2 sebesar 0,964 atau 96,4%. Artinya bahwa dari model regresi yang diperoleh mampu menjelaskan variansi total dalam data sebesar 96,4%, sedangkan sisanya 3,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian. Pada uji hipotesis terlihat thitung 28,378 > ttabel 2,042 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya volume penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bersih. Berdasarkan model regresi yang terbentuk yaitu LB = -39374,914 + 0,127VP + 0,004e dapat disimpulkan bahwa volume penjualan memberikan pengaruh positif terhadap laba bersih dengan koefisien 0,127 yang berarti bahwa kenaiakan volume penjualan sebesar 1 juta rupiah maka laba bersih akan mengalami peningkatan sebesar Rp. 0,127 juta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Volume penjualan; laba bersih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:12
Last Modified: 16 Apr 2020 03:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item