Pasaribu, Rahman Saputra (2019) Strategi promosi pembiayaan iB gadai emas syariah pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 230 0080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Produk gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan mengalami fluktuasi namun cenderung meningkat, peningkatan tersebut belum terjadi secara signifikan sehingga target yang diinginkan belum tercapai. Hal ini terjadi karena kurang efektifnya strategi promosi yang dilakukan oleh pihak PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan sehingga masyarakat khususnya masyarakat kota Padangsidimpuan masih banyak yang belum mengetahui adanya produk gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi produk gadai emas syariah yang ada di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini antara lain berkaitan dengan pengertian promosi dan strategi promosi, tujuan promosi dan strategi penjualan, bauran promosi (promotion mix) yaitu personal selling, mass selling, promosi penjualan, public relation, dan direct marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran produk gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan penelitian ini adalah karyawan dan nasabah gadai emas syariah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa startegi promosi produk gadai emas pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan masih kurang maksimal. Startegi yang paling diandalkan dari promotion mix tersebut adalah personal selling (penjualan personal) menjual dan membangun hubungan dengan nasabah, dan berinteraksi langsung antara tenaga penjual (bankir) dengan nasabah. Namun strategi ini belum cukup maksimal, banyak kendala yang dihadapi karena kurangnya sumber daya manusia PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan, sehingga promosi yang dilakaukan tidak maksimal karena petugas gadai juga merangkap sebagai analis pembiayaan umum sehingga kurang fokus dalam memasarkan produk, sedangkan startegi promosi dengan personal selling membutuhkan tenaga penjual yang benar-benar fokus memasarkan produk tersebut. Dan belum adanya account officer (AO) dan supervisi yang langsung menangani produk gadai emas syariah sehingga strategi promosi produk gadai emas syariah masih bergabung dengan startegi promosi produk lain yang ada di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Startegi; Promosi, iB gadai emas syariah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 08:49 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 08:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2419 |
Actions (login required)
View Item |