Pulungan, Tri Agustin (2018) Deskripsi kecemasan belajar matematika (mathematics anxiety) santriwati madrasah aliyah swasta pondok pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00167.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian santriwati mengalami perasaan cemas, khawatir yang berlebihan, merasa sulit, takut dalam belajar Matematika. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana deskripsi kecemasan belajar Matematika santriwati Kelas XI Aliyah dalam belajar Matematika di Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, serta apa saja penyebab kecemasan santriwati kelas XI Aliyah dalam belajar Matematika di Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidmpuan Tenggara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kecemasan belajar Matematika santriwati Kelas XI Aliyah di Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Al- Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, dan untuk mengetahui penyebab kecemasan santriwati Kelas XI Aliyah dalam belajar Matematika di Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren AL-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif yaitu penelitian yang di maksudkan untuk menyelidiki kecemasan santriwati di Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara atau hal lainlain yang sudah disebutkan, pengolahan dan analisis data dilaksanakan dengan cara kualitatif yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa deskripsi kecemasan sebagian santriwati antara lain: tangan atau anggota tubuh bergetar/gemetar, sulit berbicara, jantung berdetak kencang, tidak nyaman, menghindar, tergoncang, sulit berkonsentrasi, ketidakmampuan menyelesaikan masalah, terancam, wajah pucat. Penyebab kecemasan sebagian santriwati antara lain: Persepsi buruk terhadap pelajaran Matematika di dalam keluarga, Matematika memiliki rumus yang banyak, kondisi situasi kelas yang kurang kondusif, tidak mampu menyelesaikan persoalan di depan kelas, harapan dari keluarga agar mendapat nilai yang bagus, pengalaman kurang baik dimasa lalu, kemampuan guru dalam menjelaskan materi, dan ketidakmammpuan menyelesaikan permasalahan Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penelitian kualitatif; metode deskriptif; kecemasan matematika(mathematic anxiety) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 14 Jun 2020 06:39 |
Last Modified: | 14 Jun 2020 06:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2297 |
Actions (login required)
View Item |