Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi heuristik model polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP IT Al-Husnayain Panyabungan

Yani, Mila (2018) Pengaruh strategi heuristik model polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP IT Al-Husnayain Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih kurang di kelas VIII SMP IT AL-Husnayain Panyabungan . rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan strategi Heuristik model polya terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP IT AL-Husnayain Panyabungan Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen randomized control group desigh with pretest and postest. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP IT AL-Husnayain dan untuk sampelnya yaitu kelas VIII 3 dan VIII 4 dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 30 siswa kelas VIII 3 dan 30 siswa kelas VIII 4. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah test yang diberikan dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan iji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis rata-rata hasil postest kelas kontrol adalah 71,4 dan rata-rata hasil postest kelas eksperimen adalah 78,6, yang menunjukkan ada perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana rata-rata hasil postest kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata hasil postest kelas kontrol. Begitu juga dengan hasil tes-t diperoleh > = 10,54 > 2,0102 dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan dk = = 58. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi Heuristik model polya terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII SMP IT AL-Husnayain Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi heuristik model polya; kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 14 Jun 2020 05:27
Last Modified: 14 Jun 2020 05:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item