Sari, Hotma (2018) Pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan awal penulis yang menunjukkan bahwa siswa yang status sosial ekonominya lemah ternyata hasil belajar Matematikanya juga rendah. Siswa yang berekonomi lemah kurang waktu untuk belajar dan istirahat yang mengakibatkan siswa tidak concern dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Karena kurangnya dukungan moral maupun material orangtua akibatnya hasil belajar siswa menurun. Secara teoritis salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu status sosial ekonomi orangtua. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket untuk mengetahui status sosial ekonomi orangtua dan dokumentasi untuk melihat hasil belajar Matematika siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa berdasarkan analisis data pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment, yang kemudian dilanjutkan dengan regresi linear sederhana dengan taraf signifikan 5% dan N = 28, diperoleh rxy = 0,447, kemudian melalui uji signifikasi dengan rumus uji t diperolah bahwa thitung >ttabel yakni 2,848 > 2,056. Kontribusi variabel X (status sosial ekonomi orangtua) terhadap Y (hasil belajar Matematika siswa) sebesar 19,98%, dan dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orangtua terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Status sosial ekonomi orangtua; Hasil belajar matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 13:09 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 13:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2267 |
Actions (login required)
View Item |