Yani, Suci Rahma (2018) Penggunaan model learning cycle untuk meningkatkan pemahaman konsep teorema pythagoras pada siswa kelas VIII-9 di MTsN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan guru bidang studi Matematika di MTsN 1 Padangsidimpuan yang mengatakan bahwa kemampuan siswa dalam pelajaran matematika masih kurang baik dalam memahami konsep sehingga siswa susah untuk mengingat kembali materi yang diajarkan berlalu. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru sehingga siswa tidak mampu memahami konsep dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model Learning Cycle dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasana Teorema Pythagoras di Kelas VIII-9 MTsN 1 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, apakah penggunaan model Learning Cycle dapat meningkatkan pemahaman konsep pada pokok bahasan teorema pythagoras di kelas VIII-9 MTsN 1 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini adalah tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan proses pengakajian melalui sistem berdaur atau siklus dari berbagai kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan sampai dua siklus, untuk setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes, observasi. Setelah dilaksanakan penelitian ini diperoleh hasil tes awal dengan jumlah siswa yang tuntas 5 orang dari 37 siswa atau 13,51% dari jumlah siswa. Hasil tes siklus I pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 57,83 dengan persentase ketuntasan 21,62% dan pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata 63,24 dengan persentase ketuntasan 43,24%. Pada siklus II pertemuan ke-1 di peroleh nilai rata-rata 73,91 dengan persentase ketuntasan 70,27% dan pada pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata 83,24 dan persentase ketuntasan 89,19 menunjukkan pemahaman konsep siswa sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Learning Cycle; Pemahaman Konsep; Teorema Pythagoras |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 03:45 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 03:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2262 |
Actions (login required)
View Item |