Albi, Nova Wisda (2018) Penerapan software geoenzo 3.7 untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 202 00103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah kecerdasan visual-spasial masih rendah, karena banyak siswa yang sulit menvisual-spasialkan konsep matematika khususnya kubus dan balok, maka untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan software geoenzo 3.7 untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecerdasan visual-spasial siswa melalui software geoenzo 3.7 pada materi kubus dan balok di kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas VIII-3 dengan 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan umtuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi, sedangkan analasis data yang digunakan analisis deskriptif dan statistik sederhana. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menujukkan bahwa tes awal dalam persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesasar 7% dengan jumlah siswa yang tuntas berjumlah 2 orang dari 28 orang. Peningkatan terjadi pada siklus I pertemuan 1 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 35,71% dengan jumlah siswa yang tuntas berjumlah 10 siswa dari 28 siswa. Siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 53,57 dengan jumlah siswa yang tuntas 15 siswa dari 28 siswa. Tindakan siklus II dilakukan setelah peneliti melakukan posttest untuk siklus I dan hasil dari posttest tersebut rata-rata kelas 70 (54%) hanya 15 yang tuntas. Maka, dilakukan siklus II. Pada siklus II pertemuan 1 terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 78 (71,43%) dengan jumlah siswa yang tuntas 20 siswa dan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas 81 (89,29%) dengan jumlah siswa yang tuntas berjumlah 25 siswa dan hasil dari posttest siklus II nilai rata-rata kelas 81 (89%) dengan jumlah siswa yang tuntas berjumlah 25 siswa. Dari siklus II pertemuan 2 dan nilai rata-rata kelas posttest siklus II data yang diperoleh telah memenuhi syarat indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% dari siswa mencapai nilai 75, maka penelitian diberhentikan pada siklus II pertemuan 2. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan software geoenzo 3.7 dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Software geoenzo 3.7; Kecerdasan Visual-Spasial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 04:11 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 04:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2249 |
Actions (login required)
View Item |