Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapn model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-2 MTsN Binanga Kecamatan Barumun Tengah

Tanjung, Ermida Maisya (2016) Penerapn model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-2 MTsN Binanga Kecamatan Barumun Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan kognitif siswa masih rendah, karena masih banyak siswa yang belum menguasai konsep dasar khususnya pada materi kubus dan balok, maka untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui model pembelajaran teams games tournament (TGT) dan untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) agar dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-2 MTSN Binanga kecamatan Barumun Tengah. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah salah satu model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5 smapai 6 orang siswa pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku bangsa yang bebeda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di MTSN Binanga Kecamatan Barumun Tengah dengan subjek penelitian yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan 2 pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi kubus dan balok di kelas VIII-2 MTSN Binanga Barumun Tengah. Dari hasil penelitian tersebut, terjadi peningkatan indikator kemampuan kognitif siswa pada kondisi awal, siklus I dan siklus II yaitu: pada saat kondisi awal diperoleh persentase siswa yang tuntas sebesar 31,42%. Pada saat siklus I pertemuan ke-1 diperoleh persentase siswa yang tuntas 51,42% sedangkan pada pertemuan ke-2 diperoleh persentase kelas yang tuntas yaitu 57,14%. Selanjutnya, pada siklus II pertemuan ke-1 diperoleh persentase siswa yang tuntas 71,42% sedangkan pada pertemuan ke-2 diperoleh persentase kelas yang tuntas yaitu 82,85%. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-2 MTS N Binangan Barumun Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Almira Almir, M.Si.
Keywords: Model Pembelajaran; Meningkatkan Kemampuan Kognitif; Materi Kubus dan Balok
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:16
Last Modified: 10 Jul 2020 02:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item