Nasution, Abdul Hadi (2019) Upaya guru dalam meningkatkan ranah psikomotorik santri pada kegiatan ekstrakurikuler di Pesantren Al-Bi’tsatul Islamiyah Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kecakapan psikomotor siswa merupakan manifestasi wawasan pengetahuan dan kesadaran serta sikap mentalnya. Sejalan dengan hal tersebut guru di Pesantren Al Bi’tsatul Islamiyah meningkatkan ranah psikomotorik santri melalui upaya-upaya yang lebih intensif kepada santri/santriyah dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan ranah psikomotorik santri pada kegiatan ekstrakurikuler, faktor–faktor apa saja yang mempengaruhi upaya guru dalam meningkatkan ranah psikomotorik santri pada kegiaan ekstrakurikuler, apa kendala yang di temui dan cara mengatasinya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan ranah psikomotorik santri pada kegiatan ekstrakurikuler, mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam meningkatkan ranah psikomotorik santri pada kegiatan ekstrakurikuler, untuk mengetahui kendala dan cara mengatasinya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang Ilmu Pendidikan Islam sehubungan dengan itu maka teori yang di bahas adalah guru yang meliputi pengertian, tugas, upaya guru,serta ranah psikomotorik, kegiatan ekstrakurikuler serta aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah guru-guru pembina kegiatan ekstrakurikuler. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan riset lapangan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Untuk teknik penjaminan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan ranah psikomotorik santri pada kegiatan ekstrakurikuler dilakukan intensif dalam kegiatan ekstrakurikuler muhadharah, mufradat dan kaligrafi yang wajib diikuti oleh setiap santri/santriyah. Upaya guru fokus peningkatan ranah psikomotorik pada kegiatan ekstrakurikuler tersebut dengan pemberian contoh teladan, demonstrasi dan praktek atau belajar dengan melakukan(learning by doing). Lalu faktor yang mempengaruhi upaya guru tersebut diantaranya faktor internal dan eksternal siswa. Adapun kendalanya adalah keterbatasan sarana prasarana dan media, latar belakang siswa serta bakat dan minat siswa yang berbeda-beda. Sedangkan solusinya pesantren mengajukan proposal bantuan sekolah, guru memberikan motivasi secara berkelanjutan setiap kegiatan ekstrakurikuler dan memberi contoh teladan kepada siswa serta memberikan hadiah atas prestasi siswa dan hukuman bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan agama Islam; kecakapan psikomotorik; ekstrakurikuler |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 03:15 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 00:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/211 |
Actions (login required)
View Item |