Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Surah Ali-‘Imran Ayat 159-160

Latif, Abdul (2019) Metode Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Surah Ali-‘Imran Ayat 159-160. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang skripsi ini adalah bahwasanya Pendidikan Islam dalam pelaksanaannya membutuhkan metode yang tepat untuk menghantarkan kegiatan pendidikan ke arah tujuan yang dicita-citakan. Bagaimanapun baik dan sempurnanya suatu kurikulum pendidikan Islam, ia tidak akan berarti apa-apa, manakala tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam mentransformasikannya kepada peserta didik. Ketidaktepatan dalam penerapan metode secara praktis akan menghambat proses belajar mengajar yang akan berakibat membuang waktu dan tenaga secara percuma. Dari latar belakang di atas maka muncul permasalahan dalam skripsi ini yaitu apa saja metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Ali-‘Imran ayat 159- 160. Maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penafsiran ahli tafsir terhadap Al-Qur’an surat Ali-‘Imran ayat 159-160 serta untuk mengetahui apa saja metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Ali-‘Imran ayat 159-160. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kepustakaan (library rearch) yakni pendekatan kualitatif deskriptif. Kemudian menggunakan metode tafsir tahlily dengan mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan pembahasan serta beberapa literatur-literatur yang ada di perpustakaan mengenai metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Ali-‘Imran ayat 159-160. Dimana objek penelitiannya digali berdasarkan beragam informasi seperti buku, tafsir, hadis dan buku-buku yang relevan, yang terkait dengan metode pendidikan Islam menurut Al-Qur’an Surah Ali-‘Imran ayat 159-160. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Ali-‘Imran ayat 159-160 yaitu metode pendidikan Islam dengan keteladanan, Metode dengan pembiasaan dan pengamalan, Metode Kisah, Metode Hiwar, Metode Ibrah dan Metode Targhib Wa Tarhib. Metode keteladanan yaitu Metode pemberian contoh yang baik terhadap terhadap manusia didik, terutama anak-anak yang belum mampu berfikir kritis, akan banyak mempengaruhi pola tingkah laku mereka dalam kehidupan sehari-hari. Metode dengan Pembiasaan dan Pengamalan yaitu mendidik dengan berupa memberikan latihan dan juga pengamalan sehingga dapat menggugah akhlak yang baik pada jiwa anak didik, sehingga ia tumbuh menjadi pribadi yang lebih istiqamah dan bahagia, karena merasakan dirinya sukses dalam perbuatan dan pekerjaannya. Metode kisah yaitu suatu metode pendidikan yang mempunyai daya tarik yang dapat menyentuh perasaan. Islam menyadari sifat alamiah manusia untuk menyenangi cerita itu, dan menyadari pengaruhnya yang besar terhadap perasaan. Metode Hiwar yaitu percakapan silih berganti antara dua pihak atau lebih melalui tanya jawab mengenai suatu topik mengarah kepada suatu tujuan. Metode Ibrah yaitu kondisi yang memungkinkan orang sampai dari pengetahuan yang kongkrit kepada pengetahuan yang abstrak. Metode Targhib Wa Tarhib yaitu Metode yang memberikan suatu janji ataupun hukuman manakala peserta didik melakukan kesalahan, sehingga peserta didik bisa mempertimbangkan sebelum melakukan suatu kesalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode; Pendidkan Islam; Surah Ali-Imran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Apr 2020 08:07
Last Modified: 09 Apr 2020 13:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item