Harahap, Nadla Lisa Fitri (2018) Hubungan keadaan ekonomi orangtua dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMPN 1 Sayurmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sayurmatinggi memiliki prestasi belajar yang berbeda beda terutama pada mata pelajaran pendidikan agama islam, teramat penting latar belakang ekonomi yang terkadang amat mencolok.orangtua banyak yang kurang memperhatikan masalah-masalah anak nya. Misalnya dalam masalah pendidikan, anak mempunyai potensi akademik baik, tetapi orangtua tidak menyediakan alat-alat yang dapat menyalurkan potensinya, dikarenakan keadaan ekonomi orangtua sangat rendah sehingga tidak bisa mengembangkan keahlian yang di miliki.Karena kebutuhan pendidikan tidak tersedia pada anak, maka prestasi belajarnya di sekolah rendah. Dan tidak semua siswa yang memiliki prestasi yang baik dari keadaan ekonomi yang tinggi dan sebaliknya tidak semua siswa yang dari keadaan ekonomi yang rendah memiliki prestasi yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara keadaan ekonomi orangtua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 1 Sayurmatinggi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 6 kelas yang terdiri dari 129 siswa dengan jumlah sampel 32 orang yang diambil 25% dari jumlah populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan dokumentasi. Angket bertujuan untuk memperoleh gambaran ekonomi orangtua siswa dan prestasi belajar siswa. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu tes diuji cobakan untuk melihat tingkat validitas dan reabilitas intrumen. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, koefisien determinasi, uji signifikan dan uji tingkat pencapaian. Setelah dilakukan perhitungan terhadap data untuk melihat hubungan variabel X dengan variabel Y diperoleh t hitung sebesar 0,534, sehingga diperoleh ada hubungan keadaan ekonomi orangtua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII tetapi dengan tingkat hubungan sangat rendah sebesar 0,9 %. Hal ini terbukti dari koefisien korelasi yang diperoleh sebesar rxy= 0,097 sedangkan rtabel= 0,361 pada taraf signifikan 5% Pada keadaan ekonomi orangtua tergolong baik yakni dengan persentase 61% yang berada pada interval 57 % - 61 %. Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tergolong sangat baik dengan nilai rata rata 84,5 yang berada pada interval 85-87. Dengan demikian diperoleh thitung< ttabel, yaitu 0,534 < 1,697, dapat disimpulkan ada hubungan antara variabel X dengan variabel Y tetapi dengan tingkat hubungan yang sangat rendah. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini ditolak, yaitu tidak ada hubungan yang signifikan antara keadaan ekonomi orangtua dengan prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sayurmatinggi kabupaten tapanuli selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan agama Islam; prestasi belajar; ekonomi orangtua |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 03 Apr 2020 03:52 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 00:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/189 |
Actions (login required)
View Item |