Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada materi pokok bangun ruang siswa kelas IV SD Negeri 200301 Padangsidimpuan

Hanum, Febrida (2016) Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada materi pokok bangun ruang siswa kelas IV SD Negeri 200301 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

SD Negeri 200301 Padangsidimpuan. Pada penelitian ini, penulis meneliti masalah ini terjadi disebabkan karena guru yang jarang menggunakan alat peraga dalam proses belajar mengajar khususnya pada materi bangun ruang kubus dan balok. Sehingga hasil belajar pengetahuan dan keterampilan matematika siswa SD Negeri 200301 Padangsidimpuan belum memenuhi standar nilai yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada materi pokok bangun ruang siswa kelas IV SD Negeri 200301 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Yang menjadi populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa-siswi kelas IV SD Negeri 200301 Padangsidimpuan tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa. Sampel diambil dari seluruh populasi dengan acuan total sampling atau sampel total. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas yaitu kelas IV A dengan jumlah siswa 30 orang (kelas eksperimen) dan kelas IV B dengan jumlah siswa 30 orang (kelas kontrol). Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung 3,008  ttabel 2,02. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan matematika siswa di SD Negeri 200301 Padangsidimpuan. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok bangun ruang lebih baik dari pada tidak menggunakan alat peraga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Alat Peraga; Pengetahuan; Keterampilan; Bangun Ruang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Jun 2020 04:02
Last Modified: 03 Jun 2020 04:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item