Rodiah, Rodiah (2016) Pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs GUPPI Simaninggir. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya siswa yang mengalami hasil belajar yang rendah atau belum mencapai hasil yang diharapkan, karena guru dan cara mengajarnya yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan startegi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di MTs GUPPI Simaninggir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang berdesain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 64 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini cluster sampling dimana kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk multiple choice. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t, serta uji normalitas dan homogenitas. Setelah adanya teknik analisis instrument dari hasil perhitungan r11 ditentukan bila r11 > rtabel dengan taraf signifikan 5% dan hasil meunjukkan 0,400 > 0,329 ternyata tes yang diberikan reliabel.Dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 76 dan nilai rata-rata pada kelas Kontrol 75. Dan berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogeny. Pengujian uji-t diperoleh thitung = 2,631 dan ttabel = 1,996. Karena thitung > ttabel (2,631 > 1,996), maka H diterima yaitu rata-rata skor hasil belajar relasi dan fungsi matematika siswa dengan pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar relsi dan fungsi matematika dengan pembelajaran yang tidak menggunakan ekspositori. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan melalui strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa materi relasi dan fungsi di kelas VIII MTs GUPPI Simaninggir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Ekspositori; Relasi; Fungsi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 03:56 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 03:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1884 |
Actions (login required)
View Item |