Sulastri, Endang (2019) Etos kerja guru pendidikan agama islam aalam membina akhlak siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00215.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu etos kerja guru pendidikan agama Islam, guru pendidikan agama Islam merupakan orang yang membimbing, mengarahkan dan membina anak didik menjadi manusia yang matang atau dewasa dalam sikap dan kepribadiannya, untuk itu etos kerja guru pendidikan agama Islam perlu ditingkatkan, diantaranya dengan lebih konsisten dan memiliki semangat kerja yang tinggi. Adapun ciri-ciri etos kerja, antara lain: berdisiplin, jujur, memiliki kemampuan intelektual, kuat pendirian dan semangat kerja yang tinggi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana etos kerja guru pendidikan agama Islam di Sekolah SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dalam membina akhlak siswa? Dan (2) Apa upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di Sekolah SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dalam membina akhlak siswa? Dan (3) Apa faktor pendukung dan penghambat etos kerja guru pendidikan agama Islam di Sekolah SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dalam membina akhlak siswa? Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari dua yaitu sumber data primer yaitu guru pendidikan agama Islam, dan sumber data skunder yaitu Kepala Sekolah, guru-guru serta murid di SMA Negeri 8 padangsidimpuan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Etos kerja guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 8 padangsidimpuan dalam membina akhlak siswa masih belum berjalan sebagaimana mestinya. Dalam hal ini guru belum menyiapkan dirinya menjadi guru yang profesional. Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa terdiri dari memberikan nasehat, memberikan ganjaran dan hukuman, mencontohkan keteladanan serta siraman rohani seperti adanya pesantren kilat dan isra mi‘rat. Faktor pendukung etos kerja guru pendidikan agama Islam terhadap pembinaan akhlak siswa terdiri dari adanya araha dari pihak Kepala Sekolah, adanya gaji/upah yang cukup, keamanan dan adanya penempatan guru pada posisi yang tepat sesuai bidangnya. Selanjutnya faktor penghambat terdiri dari banyaknya masalah pribadi yang dialami oleh para guru, kurangnya dukungan keluarga dan lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Etos Kerja; Guru Pendidikan Agama Islam; Akhlak Siswa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 05:26 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 07:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1846 |
Actions (login required)
View Item |