Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pendidikan karakter dalam perspektif tasawuf: Studi analisis Kitab Iḥyâ’ ‘Ulûm al-Dîn karya Imâm al-Ghazâlî

Juarno, Juarno (2018) Metode pendidikan karakter dalam perspektif tasawuf: Studi analisis Kitab Iḥyâ’ ‘Ulûm al-Dîn karya Imâm al-Ghazâlî. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1523100081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang metode pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Iḥyâ’ ‘Ulûm al-Dîn karya Imâm al-Ghazâlî. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya dekadensi moral atau lemahnya karakter yang akhir-akhir ini terjadi pada sebagian besar dari orang-orang, baik di kalangan remaja, dewasa bahkan orang tua dan termasuk dikalangan para pelajar. Karena betapa pentingnya penguatan pendidikan karakter dalam konteks saat ini untuk mengatasi rapuhnya karakter anak-anak bangsa, berbagai upayapun dilakukan termasuk salah satunya dengan mencari sebuah terobosan baru mengenai metode implementasi pendidikan karakter. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja metode pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Iḥyâ’ ‘Ulûm al-Dîn karya Imâm al-Ghazâlî, dan bagaimana implementasi metode pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kajian kepustakaan (Library Research) yang bersifat deskriptif. Sesuai dengan jenis penelitian, tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Iḥyâ’ ‘Ulûm al-Dîn karya Imâm al-Ghazâlî, dan sumber data sekundernya adalah kitab atau buku-buku tentang tasawuf maupun tentang metode pendidikan karakter yang sesuai dengan pembahasan penelitian. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Iḥyâ’ ‘Ulûm al-Dîn karya Imâm al-Ghazâlî adalah metode inkulkasi nilai, metode keteladanan, metode latihan (riyâḍah), metode pembiasaan, metode nasehat, metode penjernihan nilai (diskusi), metode ganjaran dan hukuman. Sementara itu, implementasi metode pendidikan karakter dalam proses pembelajaran yang digambarkan oleh Imâm al-Ghazâlî sebagaimana tercantum dalam kitab Iḥyâ’ ‘Ulûm al-Dîn menunjukkan bahwa implementasi metode inkulkasi nilai (penanaman nilai) dilakukan dengan langkah tazkiyatun nafs, dalam penerapannya dengan melakukan takhliyat al-nafs (mengosongkan diri dari akhlak tercela) dan taḥliyat al-nafs (mengisinya dengan akhlak terpuji). Metode latihan (riyâḍah) dalam penerapannya disertai dengan ketekunan (mujahadah) melakukan perbuatan-perbuatan yang baik. Metode keteladanan ditekankan atau tergantung pada faktor pendidik untuk menjadi uswâtun ḥasanah. Metode pembiasaan tidak jauh berbeda dengan metode latihan yaitu peserta didik dibiasakan untuk mengulang-ngulang perbuatan yang baik. Metode nasehat dilakukan dengan memberikan kasih sayang, kelembutan dalam memberikan nasehat kepada anak didik. Metode penjernihan nilai (diskusi) dilakukan dengan cara memilih teman yang tajam mata hatinya sebagai upaya untuk menjernihkan nilai. Metode ganjaran dilakukan dengan pemberian hadiah terhadap prestasi yang telah dicapai anak didik. Sedangkan metode hukuman, tidak begitu ditekankan oleh Imâm al-Ghazâlî dalam pendidikan karakter, tetapi perlu juga dilakukan dengan memberikan hukuman yang ringan atas kesalahan anak didik dengan melalui beberapa tahapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Pendidikan karakter; Tasawuf; Iḥyâ’ ‘Ulûm al-Dîn
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220305 Ethical Theory
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 01 Jun 2020 19:22
Last Modified: 01 Jun 2020 19:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item View Item