Siregar, Balyan (2018) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kisah Nabi Sulaiman As: Analisis Alquran surat al-Naml ayat 15 s/d 19. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1323100007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kisah Nabi Sulaiman As dalam Alquran surat al-Naml ayat 15 s/d 19, relevansi ilai-nilai endidikan karakter yang terkandung dalam kisah Nabi Sulaiman As dalam Alquran surat al-Naml ayat 15 s/d 19 dengan pendidikan di Indonesia. Bertitik tolak dari rumusan masalah di atas, penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperoleh penjelasan mengenai nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kisah Nabi Sulaiman As dalam Alquran surat al-Naml ayat 15 s/d 19, dan relevansi Nilai-nilai Pendidikan karakter yang terkandung dalam kisah Nabi Sulaiman As dalam Alquran surat al-Naml ayat 15 s/d 19 dengan pendidikan di Indonesia. Tujuan yang masih bersifat umum ini penulis jabarkan dalam bentuk tujuan khusus yaitu, ingin mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kisah Nabi Sulaiman As dalam Alquran surat al-Naml ayat 15 s/d 19, dan ingin mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kisah Nabi Sulaiman As dalam Alquran surat al-Naml ayat 15 s/d 19 dengan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu dengan mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan. Merujuk pada kajian di atas, penyusun menggunakan beberapa metode yang relevan untuk mendukung dalam pengumpulan dan penganalisaan data yang dibutuhkan dalam penulisan tesis ini. Dari penelitian ini diperoleh suatu hasil bahwa nilai-nilai karakter yang terkandung dalam surat al-Naml ayat 15 s/d 19 antara lain adalah: sabar, syukur, taqwa, berdoa, bijaksana dan murah senyum. Sebagaiamana yang telah dicontohkan oleh Nabi Sulaiman as. dalam kehidupan sehari-hari, dan relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dengan pendidikan di Indonesia yaitu penanaman akhlak sebaiknya dilakukan sejak dini agar semakin tertanam kuat dalam hati peserta didik. Metode ibroh sangat cocok untuk diberikan dalam rangka mengambil pelajaran dari kisah yang ditampilkan seperti kisah Nabi Sulaiman as dalam surat al-Naml ayat 15 s/d 19.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Nilai-nilai pendidikan karakter; Kisah Nabi Sulaiman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 01 Jun 2020 18:15 |
Last Modified: | 01 Jun 2020 18:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1828 |
Actions (login required)
View Item |