Amru, Ali (2017) Upaya ustadz pondok pesantren untuk meningkatkan motivasi santri belajar Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1523100092.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya prestasi yang dicapai santri Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah dalam mengikuti pembelajaran al-Qur’an. Dari data yang diperoleh, Pondok Pesantren meraih sejumlah prestasi dalam mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), dan sejumlah santri yang memiliki hafalan al-Qur’an mulai dari 30 juz, 20 juz, 15 juz 10 juz dan 1-5 juz. Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya, problema, dan solusi meningkatkan motivasi santri belajar al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah. Penelitian ini, adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisisnya dengan logika ilmiah induktif, dengan teknik pengumpulan data, melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Upaya ustadz Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah meningkatkan motivasi santri belajar al-Quran yang terlaksana dengan baik sebagai berikut: memberi angka, hadiah, pujian, gerakan tubuh, memberi tugas,memberi ulangan, mengetahui hasil, hukuman, membangkitkan motivasi, menjelaskan tujuan yang akan dicapai, dan mencptakan program persaingangan. Adapun yang belum terlaksana secara sempurna adalah memotivasi santri dengan pemberian gerakan tubuh. Hal ini terkadang diabaikan ustadz karena pemberian gerakan tubuh merupakan bentuk mencari perhatian santri/santriah. Hal ini membuktikan bahwa upaya ustadz dalam meningkatkan motivasi santri/santriah dalam belajar al-Quran dikategorikan sangat baik. 2. Problema ustadz meningkatkan motivasi santri belajar al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah. a) Santri/santriah tidak memiliki inteligensi yang sama mengikuti pembelajaran al-Qur’an. b) Sebagain santri/santriah memiliki motivasi yang rendah mengikuti pembelajaran al-Qur’an. c) Santri/ santriah memiliki ekonomi menengah kebawah. 3. Solusi ustadz dalam menghadapi problema meningkatkan motivasi santri belajar al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah. a) Mengoptimalkan program bimbingan baca tulis al-Qur’an bagi santri yang memiliki inteligensi yang lemah dalam mengikuti pembelajaran al-Qur’an. b) Ustadz memberikan pendataan dan menanamkan kecintaan santri untuk mempelajari al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Ustadz; Pondok Pesantren; Belajar Santri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 01 Jun 2020 17:58 |
Last Modified: | 01 Jun 2020 17:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1826 |
Actions (login required)
View Item |