Nasution, Mulia (2017) Peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1523100102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam amatlah penting bagi siswa agar dapat mengetahui ajaran agama Islam. Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan sebagai sekolah yang bercirikan keislaman berupaya agar siswa dapat memahami ajaran Islam dengan seutuhnya, salah satu usaha yang dilakukan adalah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam. 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler yang mendukung peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam. 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler yang mendukung peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam. 4) Hasil kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan model kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam adalah Tilawah Alquran, Baca Tulis Alquran, Nasyid Islami, Kaligrafi, Salat Dhuha Berjama’ah dan Zuhur Berjama’ah, Peringatan Hari Besar Islam, Bimbingan Bahasa Arab, dan Bimbingan Fardhu Ain dan Fardhu Kifayah. 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler yang mendukung peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam dilakukan di luar jam pelajaran kurikuler pada jam 14.00 sampai dengan 16.00. pelaksanaannya dilaksanakan pada lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan. 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler yang mendukung peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam adalah adanya dukungan dari pihak madrasah, semangat dan minat siswa serta fasilitas yang memadai. Sedangkan penghambatnya adalah kurangnya perhatian sebagian siswa, serta fasilitas pendukung seperti infokus dan pengeras suara setiap ruangan. 4) Hasil kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan adalah siswa-siswi mendapatkan juara pada tingkat kota Padangsidimpuan, bertambah kreatif dan menguasai materi setelah dilakukan praktik dalam kegiatan ekstrakurikuler
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Mutu PAI; Ekstrakurikuler |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 11:02 |
Last Modified: | 30 May 2020 11:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1815 |
Actions (login required)
View Item |