Isnaini, Isnaini (2016) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kontekstual dengan pemanfaatan teknologi informasi terhadap hasil dan motivasi belajar pendidikan agama islam pada materi adab makan dan minum siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1423100063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Tesis ini merupakan penelitian eksperimen yang mencoba menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dengan pemanfaatan teknologi informasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan materi pokok adab makan dan minum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Adab Makan dan Minum Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal (2) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Adab Makan dan Minum Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas Eksperimen dan siswa kelas VIII-C sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu tes berbentuk uraian untuk hasil belajar dan angket dengan skala likert untuk motivasi belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t sampel kecil dan tidak saling berhubungan. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh Mean hasil belajar kelas eksperimen=80,0435 dan kelas kontrol=71, 434 sehingga didapat t_hitung= 2,139. Untuk motivasi belajar didapat mean kelas eksperimen=68,39 dan kelas kontrol=61,86 sehingga didapat t_hitung= 2,398 dengan t_(tabel )=2,015 dengan df=( N_1+ N_2)- 2 pada taraf signifikan 5%. Karena t_hitung ≥ t_(tabel ) maka H_a diterima artinya ada atau terdapat Pengaruh yang Signifikan Penggunaan Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Adab Makan dan Minum Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotanopan Mandailing Natal. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran kontekstual dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Kotanopan Mandailing Natal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kontekstual; Teknologi informasi; PAI; Adab makan dan minum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 09:57 |
Last Modified: | 30 May 2020 09:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
View Item |