Hayati, Mardiyah (2016) Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi SKI melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di Kelas VII SMP Negeri 2 Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1423100048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan di SMP Negeri 2 Batang Natal kelas VII adalah, motivasi belajar siswa yang rendah dan hasil belajar siswa yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal, dikarenakan metode yang dipakai guru adalah ceramah, siswa merasa bosan dan tidak tertarik mengikuti pembelajaran, untuk meningkatkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan metode pembelajaran Numbered Head Together. Adapun Metodologi penelitian ini adalah Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Batang Natal kelas VII yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode gabungan kualitatif dan kuantitatif. Dalam menganalisis data menggunakan tekhnik dengan langkah-langkah permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, siklus I, siklus II serta mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan Pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Proses peningkatan motivasi belajar siswa terlihat sebagai berikut: 1) Sebelum adanya tindakan NHT, peneliti melaksanakan ujian berupa tes (pre test), dengan hasil nilai rata-rata 34,5 % “ 2) Setelah diterapkan NHT pada siklus I, ditemukan hasil motivasi belajar siswa pada pertemuan pertama nilai rata-rata 38,66 % dan pada pertemuan kedua nilai rata-rata 45,16%. 3) Karena hasil peningkatan motivasi belum mencapai target dan masih tergolong lemah maka dilanjutkan siklus II, pada pertemuan pertama nilai rata-rata 58 %, pertemuan kedua nilai rata-rata 82,6 %. Hasil ini membuktikan adanya peningkatan motivasi belajar siswa di kelas VII. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukannya NHT dapat dilihat sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran NHT (pre test) nilai rata-rata 60,33 %. 2) Hasil belajar siswa setelah diterapkan NHT pada siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata 63,33 % “Sedang”, pada pertemuan kedua nilai rata-rata 67,33 %. Pada siklus II dengan hasil belajar siswa pertemuan pertama nilai rata-rata 67,66 % pertemuan kedua, nilai rata-rata 79 %. Peneliti menyimpulkan bahwa Dari peningkatan motivasi belajar siswa yang tinggi dan peningkatan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batang Natal telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | SKI; Number Head Together (NHT); Motivasi dan hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 09:13 |
Last Modified: | 30 May 2020 09:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1800 |
Actions (login required)
View Item |