Sanawi, Fahrul (2016) Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1423100042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Seorang pendidik khususnya bidang pendidikan agama memegang peranan penting untuk menginternalisasikan nilai-nilai akhlak kepada peserta didik agar mereka tidak terbawa arus oleh majunya teknologi, yang menggiring manusia ke dalam keegoisan dan lupa akan nilai-nilai kebaikan dari segala aspek kehidupan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif termasuk ke dalam penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan metode deskriptif yang menggambarkan apa adanya fakta yang ada di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil observasi dan wawacara yang dilakukan penulis selama melakukan penelitian bahwa nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis yang diinternalisasikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batang Angkola Kabupaten Tapanuli selatan berdasarkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menyimpulkan : Pertama Nilai-nilai akhlak dalam pelajaran Al-Qu’ran Hadis yang diinternalisasikan di MTsN Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan adalah Nilai akhlak terhadap Allah, meliputi beribadah kepada-Nya melalui salat jama’ah dan sendirian, 2) Nilai akhlak bermasyarakat yang diaplikasikan dalam wujud masyarakat sekolah dengan menghormati guru menghargai sesama, menyayangi yang lebih muda, 3) Nilai akhlak kebersihan, 4) Nilai Akhlak terhadap Al-Qur’an, 5) Nilai akhlak peduli dan percaya diri. Kedua Proses internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan adalah: 1) Menanamkan nilai akhlak kepada Allah, dengan menggiatkan salat berjamaah, 2) Menanamkan akhlak terhadap sesama manusia, dengan pembiasaan mengucapkan salam setiap bertemu siswa dengan guru sekaligus mencium tangan guru ketika berjabat tangan, 3) Menghimbau siswa-siswi untuk peka terhadap teman yang mendapat musibah untuk turut membantu moril maupun materil, 4) Memandu siswa dalam hal mengadakan suatu diskusi maupun pertemuan-pertemuan di keorganisasian siswa MTsN Batang Angkola, 5) Memotivasi siswa untuk berani mengeluarkan pendapat melalui pertanyaan ataupun memberi saran. Ketiga Hasil internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan adalah 1) Sebagian anak sudah terbiasa melakukan salat berjamaah apabila mendapat giliran di musalla, juga salat sendiri apabila sudah waktunya tiba. 2) Melaksanakan kebersihan kelas dan pekarangannya sendiri tanpa perintah dari guru piket, 3) Siswa-siswi sudah terbiasa apabila bertemu dengan gurunya dengan mengucapkan salam sekaligus menyalaminya, 4) Semakin banyak siswa-siswi mengeluarkan pendapat apabila diberikan kesempatan untuk bertanya. 5) Siswa-siswi sangat respon apabila seorang siswa mendapat musibah dengan memberikan bantuan berupa sumbangan untuk membantu siswa yang mendapat musibah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Internalisasi nilai akhlak; Alquran Hadis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 30 May 2020 08:25 |
Last Modified: | 30 May 2020 08:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1796 |
Actions (login required)
View Item |