Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan media infokus sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi haji kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Wagini, Wagini (2016) Pemanfaatan media infokus sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi haji kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar rendah, hal ini disebabkan guru tidak efektif dan efesien dalam memanfaatkan media infokus sebagai sumber belajar. Infokus merupakan salah satu media yang membantu guru dalam kelancaran proses pembelajaran, akan tetapi dalam proses pembelajaran guru tidak bisa mengelola kelas apabila memanfaatkan media infokus sebagai sumber belajar. Oleh karena itu diperlukan adanya pembaharuan terhadap hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media infokus sebagai sumber belajar terutama pada materi haji. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah pemanfaatan media infokus sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar pada materi haji kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pemanfaatan media infokus dalam meningkatan hasil belajar siswa pada materi haji kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini berkaitan dengan pemanfaatan media infokus sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi haji kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan media pendidikan yangdigunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metodologi penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian sesuai yang diperoleh di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data ini berupa observasi dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap siswa melalui tes tindakan (performance test) diperoleh data bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II melalui pemanfaatan media infokus sebagai sumber belajar pada materi haji kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, yaitu jika pada siklus I hasil belajar ialah 51,43% maka pada siklus II menjadi 87,5% dari 35 siswa. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa dengan pembelajaran melalui pemanfaatan media infokus sebagai sumber belajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi haji kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Belajar Infokus; Haji
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 29 May 2020 06:32
Last Modified: 29 May 2020 06:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item