Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengelolaan kelas oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII Di SMP Negeri 1 Panyabungan

Sari, Winda (2016) Strategi pengelolaan kelas oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII Di SMP Negeri 1 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada: rumusan masalah yaitu bagaimanakah langkah-langkah penerapan strategi pengelolaan kelas yang telah dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1Panyabungan; bagaimanakah problematika yang ditemukan guru pendidikan agama Islam ketika mengelola kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa; dan bagaimanakah upaya nyata yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi permasalahan ketika menerapkan strategi pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebelum pertanyaan-pertanyaan penelitian ini diupayakan mencari jawabannya maka terlebih dahulu di hubungkan dengan teori pembelajaran, teori pengelolaan kelas, dan teori tentang motivasi yang bersumber dari berbagai rujukan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriftif, sumber data utama adalah guru pendidikan agama Islam sebanyak 3 orang, sedangkan data pelengkap yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah pegawai SMP Negeri 1 Panyabungan, kepala sekolah, dan siswa kelas VIII. Instrumen pengumpulan datanya adalah wawancara dan observasi. Temuan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas dimulai dari pengelolaan ruangan kelas, pengeloaan sosio emosional, yaitu seorang guru dituntut untuk bersikap sabar dan bersahabat kepada siswa yang bermasalah. Masalah yang ditemui dalam proses pembelajaran adalah, Terbatasnya waktu yang ada sehingga guru pendidikan agama Islam kurang bisa maksimal dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, Kurangnya minat siswa membaca tentang materi pendidikan agama Islam, Siswa kurang menguasai materi pendidikan agama Islam. Upaya memodifikasi tingkah laku siswa, yaitu guru berusaha memberikan perhatian ekstra pada siswa dengan melibatkan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar, mengatur ruangan kelas dengan sebaik mungkin menyuruh siswa membawa perlengkapan belajar sendiri, dan memberi hukuman pada siswa yang melanggar peraturan. Kesimpulan penelitian ini adalah: dengan adanya strategi pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam, maka proses belajar mengajar akan kondusif dan siswa akan lebih termotivasi untuk belajar pendidikan agama Islam. Suasana kelas juga menjadi menyenangkan, sehingga materi pendidikan agama Islam menjadi menarik dan tidak membosankan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guru pendidikan agama Islam; Pengelolaan kelas; Motivasi belajar siswa; Motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 29 May 2020 00:00
Last Modified: 29 May 2020 00:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1760

Actions (login required)

View Item View Item