Aresta, Afrilia (2016) Strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar al qur’ an hadits santri di madrasah aliyah pondok pesantren Al Azhar Bii’badillah Ujung Gading Tahalak Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi apa saja yang digunakan guru dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits dan apa alasan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah unuk mengetahui sejauh mana penggunaan strategi yang dimaksud. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar santri adalah strategi belajar mengajar, strategi belajar mengajar merupakan salah satu yang harus di perhatikan dalam proses belajar mengajar, agar santri dan santriwati dapat lebih mudah menguasai materi pelajaran yang diharapkan. Seorang pendidik yang memiliki strategi dalam proses belajar mengajar akan sampai pada keberhasilan yang baik, hal ini disebabkan santri dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena iu, dalam proses belajar mengajar guru harus benar benar memperhatikan strategi belajar mengajar. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka digunakan metode kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang menggambarkan gejala gejala yang ada pada saat penelitian ini. Adapun responden atau informan penelitian ini adalah guru Al Qur’ an Hadits dan santri tingkat Aliyah . Kemudian instrument pengumpulan datanya adalah observasi,dan wawancara. Setelah penelitian ini dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa guru Al Qur’ an Hadits menggunakan strategi belajar yang baik, diketahui dari hasil raport santri masing masing, dari nilai DKN santri, maka diperoleh hasil bahwa hasil belajar santri dalam bidang studi Al Qur’ an Hadits memiliki kualitas yang baik dimana responden nilai 9 sebanyak 32 orang (50%) yang memperoleh nilai 8 sebanyak 28 ( 43,75% ), yang memperoleh nilai 7 sebanyak 4 orang (6,25%) sedangkan yang memperoleh nilai 6 tidak ada. Ditambah dengan hasil wawancara dan hasil observasi peneliti dengan guru Al Qur’ an Hadits. Adapun strategi strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan prestasi belajar santri sebagai berikut, bersifat natural, tumbuh dan berkembang sesuai dengan berjalannya waktu dan tidak ada unsur yang paksaan yang didalamnya, kemudian strategi yang digunakan guru Al Qur’an Hadits tersebut berjalan dengan objektip atau apa adanya, dan masih mempertahankan metode metode klasik (yang dulu dulu)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi belajar; Al Qur’an Hadits; Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 29 May 2020 00:09 |
Last Modified: | 29 May 2020 00:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1759 |
Actions (login required)
View Item |