Harahap, Siska (2016) Strategi guru dalam menanamkan akidah anak di taman kanak-kanak terpadu Al-Ihsan Lingkungan VII Kelurahan Padangmatinggi Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0162.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Strategi guru adalah daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil guna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah starategi guru dalam menanamkan akidah anak di Taman Kanak-Kanak Terpadu Al-Ihsan Lingkungan VII Kelurahan Padangmatinggi Padangsidimpuan, kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan akidah anak di Taman Kanak-Kanak Terpadu Al-Ihsan Lingkungan VII Kelurahan Padangmatinggi Padangsidimpuan, apa saja solusi untuk mengatasi masalah guru dalam menanamkan akidah anak di Taman Kanak-Kanak Terpadu Al-Ihsan Lingkungan VII Kelurahan Padangmatinggi Padangsidimpuan. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan akidah anak di Taman Kanak-Kanak Terpadu Al-Ihsan Lingkungan VII Kelurahan Padangmatinggi Padangsidimpuan. Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan akidah anak di Taman Kanak-Kanak Terpadu Al-Ihsan Lingkungan VII Kelurahan Padangmatinggi Padangsidimpuan. Untuk mengetahui apa saja solusi untuk mengatasi masalah guru dalam menanamkan akidah anak di Taman Kanak-Kanak Terpadu Al-Ihsan Lingkungan VII Kelurahan Padangmatinggi Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data kelapangan melalui observasi dan wawancara kepada guru-guru di Taman Kanak-Kanak Terpadu Al-Ihsan Lingkungan VII Kelurahan Padangmatinggi Padangsidimpuan. Hasil dari penelitian ini adalah: Strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan akidah bagi anak didiknya adalah strategi ekspositori, kontekstual, dan metode yang di gunakan yaitu metode ceramah, metode drill, metode bervariasi dan pendekatan individual. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan akidah anak di taman kanak-kanak terpadu Al-Ihsan adalah pengkondisian anak di dalam ataupun di luar kelas, menghadapi seorang anak yang bermasalah, sifat dan karakter anak yang berbeda-beda dan kurangnya alat-alat permainan. Solusi untuk mengatasi masalah guru dalam menanamkan akidah anak di taman kanak-kanak terpadu Al-Ihsan adalah melakukan pendekatan-pendekatan, mengevaluasi perkembangan anak, mengadakan observasi, menulis Perkembangan Anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran; akidah; anak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 28 May 2020 03:08 |
Last Modified: | 28 May 2020 03:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1741 |
Actions (login required)
View Item |