Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Mandailing Natal

Marwazi, Arpan (2016) Implementasi kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1323100005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam salah satunya dapat dilakukan dari kurikulum yang digunakan. Dalam hal ini, SMP Islam Terpadu Al-Husnayain mengimplementasikan kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Proses Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok, 2) Upaya yang Dilakukan Pendidik dan Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok dan 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. 2) Upaya yang dilakukan Pendidik dan Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok melalui pengambilan keputusan partisipatif, sosialisasi memperhatikan fasilitas dan sumber belajar yang perlu dikembangkan dalam mendukung suksesnya implementasi kurikulum serta tenaga pengelola dan peningkatan kemampuan pengelolanya. 3) Faktor Pendukung Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok adalah Tenaga pengajar yang sesuai dengan bidangnya, Sarana dan prasarana yang menunjang, Kedisiplinan siswa dan Mayoritas siswa beragama Islam. Sedangkan penghambatnya adalah Kemampuan dan jiwa psikologi siswa yang berbeda-beda Guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Implementasi kurikulum; Sekolah Islam Terpadu; Mutu PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 27 May 2020 16:03
Last Modified: 27 May 2020 16:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item