Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi strategi pembelajaran team teaching dalam meningkatkan minat dan hasil belajar seni Al-Barzanji pada mahasiswa student’s day IAIN Padangsidimpuan 2018.

Simanjuntak, Siti Yukiah (2019) Implementasi strategi pembelajaran team teaching dalam meningkatkan minat dan hasil belajar seni Al-Barzanji pada mahasiswa student’s day IAIN Padangsidimpuan 2018. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00199.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar al-barzanji mahasiswa hal ini diduga karena kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi, mahasiswa tidak mempunyai keberanian dan rasa percaya diri untuk mengeluarkan suara pada saat proses pembelajaran al-barzanji. Sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran team teaching agar mahasiswa lebih bebas bertanya dan mengeluarkan suara dan minat serta hasil belajar mahasiswa diharapkan meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi strategi pembelajaran team teaching dapat meningkatkan minat dan hasil belajar al-barzanji pada mahasiswa student day IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi dengan teman sejawat guru al-barzanji. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Dengan subjek penelitian mahasiswa semester ganjil yang berjumlah 22 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar al-barzanji mahasiswa dengan menggunakan strategi pembelajaran team teaching meningkat. Minat mahasiswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Peningkatan minat belajar mahasiswa pada siklus I pertemuan ke II 67,67 pada siklus II pertemuan ke II 70,90. Hasil belajar al-barzanji mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 77.73. Pada siklus II pertemuan ke I diperoleh nilai rata-rata 78.64 menunjukkan hasil belajar mahasiswa tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M. Ag dan Ali Asrun Lubis S. Ag., M.Pd
Keywords: Strategi Pembelajaran Team Teaching; Minat dan Hasil Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 28 May 2020 02:37
Last Modified: 25 Aug 2021 09:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item